cara membuat jus yang baik

3 August 2010 by Koki under Aneka Minuman
Buah-buahan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin dan mineralnya membantu untuk menambah daya tahan tubuh, membantu pengeluaran racun dalam tubuh, dan menyehatkan kulit. Mengkonsumsi buah-buahan secara teratur sangat dianjurkan demi kesehatan tubuh. Macam-macam caranya agar bisa mengkonsumsi buah. Dengan langsung dikupas, dipotong-potong lalu dimakan, dibuat salad buah, dibuat pudding buah, atau yang lebih umumnya diblender dibuat jus buah sangat cocok untuk menu sarapan pagi yang menyegarkan.
Jus buah disukai banyak orang. Beraneka ragam buah dapat dibuat jus, karena proses pembuatannya cukup mudah, dan dipastikan siapapun dapat membuatnya meskipun tidak bisa memasak. Membuat jus buah dapat dilakukan dengan cara manual seperti pemerasan sari buah atau dipotong-potong lalu dihaluskan dengan menggunakan sendok. Namun lebih praktisnya membuat jus buah dengan menggunakan blender. Blender ini cukup mudah didapatkan, karena banyak dijual di toko elektronik maupun di toko alat-alat rumah tangga.
Namun kebanyakan orang akan lebih memilih membeli jus buah di warung jus buah, supermarket, atau foodcourt karena akan lebih ekonomis dan praktis, dibandingkan harus membeli blender yang harganya bisa dibilang cukup mahal. Kalaupun ada harga yang ekonomis, keluhan yang sering ditemukan adalah pisau blender yang fungsi untuk menghancurkan dan menghaluskan buah akan cepat rusak.
Blender dapat menghasilkan jus yang lebih baik dibanding dengan cara manual. Karena dengan blender, daging buah dapat dihaluskan tercampur rata beserta sari buahnya yang terkandung. Namun dengan cara manual, sari buahnya saja yang dapat dihasilkan, sedangkan daging buahnya hanya menjadi ampas.
Dengan blender, buah-buah yang tekstur dagingnya cukup keras, dapat dihaluskan dengan mudah dan pemisahan ampas buahnya juga mudah, hanya dengan melakukan penyaringan saja dengan menggunakan saringan buah. Sedangkan dengan manual akan lebih sulit untuk menghancurkannya dan hasilnya pun tidak maksimal.
Meskipun blender menjadi alat pembuat jus yang banyak digunakan orang karena kepraktisannya, namun ada beberapa kelemahan blender dalam membuat jus buah. Salah satunya adalah blender tidak maksimal dalam mengolah serat buah. Dimana serat buat merupakan bagian yang terbaik untuk dikonsumsi yang berfungsi melancarkan pencernaan dan pembuangan sisa-sisa makanan dalam perut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar